Hubungan antara penyakit Anemia dan Zat Besi

Topik kita kali ini ialah Hubungan antara Penyakit Anemia dan Zat Besi. Salah satu masalah gizi yang paling sering dijumpai pada remaja adalah anemia. Anemia adalah kondisi tubuh dimana kadar hemoglobin kurang dari jumlah normal. Status anemia diketahui melalui pemeriksaan darah. Hemoglobin adalah salah satu komponen dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan menghantarkannya ke seluruh sel di dalam tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Hubungan antara Penyakit Anemia dan Zat Besi

Saat anemia, badan terasa lemah, lesu, dan mudah capek, yang juga dikenal dengan istilah 5 L (Lesu, Letih, Lemah, Lelah, Lalai), disertai pusing (‘kepala terasa berputar’), mata berkunang-kunang, mudah mengantuk, serta sulit konsentrasi karena kadar oksigen dalam jaringan otak dan otot kurang dari seharusnya.

Pada remaja, menurunnya kebugaran serta kemampuan konsentrasi dapat menyebabkan menurunnya capaian belajar di sekolah serta kemampuan mengikuti berbagai aktivitas di sekolah dan di luar sekolah. Selain itu, anemia menurunkan daya tahan tubuh sehingga penderita anemia mudah terkena penyakit infeksi.

Apakah remaja memiliki risiko mengalami anemia? Iya, karena remaja memiliki kebutuhan zat gizi yang meningkat untuk mengimbangi pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat di masa pubertas ini, dan kebiasaan makan remaja saat ini belum memenuhi kebutuhan asupan zat besi. Pada remaja putri, risiko anemia menjadi lebih tinggi karena hilangnya darah selama menstruasi.

Di Indonesia, penyebab yang umum ditemui adalah kurang asupan zat besi, yang disebut anemia gizi besi. Sehingga, cara mencegah anemia adalah dengan memastikan kecukupan asupan zat besi harian melalui dua acara utama, yaitu :

  • mengkonsumsi makanan sumber zat besi serta
  • minum tablet tambah darah (TTD) untuk remaja putri.

Makanan sumber zat besi misalnya hati ayam, kerang, telur, daging sapi, kacang kedelai, kacang hijau, bayam merah, dan lainnya. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi, terutama yang berasal dari sumber nabati, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, jambu.

Hubungan antara penyakit Anemia dan Zat Besi
Resiko Anemia

Risiko anemia yang lebih besar pada remaja putri membuat mereka memerlukan TTD untuk menambah asupan. Gambar di atas menjelaskan anjuran minum TTD untuk remaja putri agar mendapat hasil yang optimal

Konsumsi TTD kadang menimbulkan efek samping seperti nyeri / perih di ulu hati, mual serta tinja berwarna kehitaman (yaitu sisa zat besi yang dikeluarkan oleh tubuh melalui feses). Semua efek samping tersebut tidak berbahaya, dan lama kelamaan akan berkurang dan hilang karena tubuh akan menyesuaikan. Dan perlu diingat bahwa gejala ini tidak dialami oleh semua orang. Untuk mengurangi gejala di atas sangat dianjurkan minum TTD setelah makan (perut tidak kosong).

Selain disebabkan kurangnya asupan zat besi, anemia juga dapat disebabkan oleh kecacingan. Sehingga, untuk pencegahan anemia yang menyeluruh, remaja disarankan untuk minum obat cacing. Apabila ditemukan remaja putri yang menderita kecacingan, maka dirujuk ke puskesmas dan ditangani sesuai dengan Pedoman Pengendalian Kecacingan di Indonesia. Remaja putri yang tinggal didaerah endemik kecacingan, dianjurkan minum 1 tablet obat cacing setiap 6 bulan.

Anjuran Minum TTD untuk Remaja Putri

  • Tablet seminggu sekali, di hari yang sama
  • Diminum setelah makan
  • Diminum dengan air putih
  • Jangan diminum bersamaan dengan teh, susu dan kopi
  • Setelah minum TTD, makanlah buah yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi
Pesan Kunci
  1. Anemia menyebabkan menurunnya kebugaran serta kemampuan konsentrasi sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Karenanya, anemia harus dicegah.
  2. Ada 2 cara utama untuk mencegah anemia, yaitu mengkonsumsi makanan sumber zat besi dan minum tablet tambah darah khusus pada remaja putri.

Demikian informasi terkait dengan Hubungan antara Penyakit Anemia dan Zat Besi, kami harap postingan kali ini bermanfaat untuk Anda. Mohon postingan ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Reply