Gizi dalam Daur Kehidupan Manusia

Pada kesempatan ini kami akan jelaskan perihal gizi dalam daur kehidupan manusia. Daur kehidupan, yang kadang sering juga dikenal sebagai siklus kehidupan, berkaitan erat dengan asupan gizi manusia. Daur hidup manusia terbagi dalam beberapa tahap: telur yang telah dibuahi – fetus (janin) – bayi di bawah usia 6 bulan – balita – anak-anak – remaja – dewasa – dan lanjut usia.

gizi dalam daur kehidupan manusia

Gizi dalam Daur Kehidupan Manusia

Dari semua tahapan ini, terdapat dua masa saat tubuh kita mengalami proses pertumbuhan yang sangat pesat, yaitu saat bayi dan remaja. Menakjubkan bukan? Oleh karena itu, penting sekali untuk kita menjaga asupan gizi setiap saat, terutama pada kedua masa ini.

Kebutuhan gizi saat remaja dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti aktivitas fisik, lingkungan, konsumsi obat-obatan untuk kondisi tertentu, kondisi mental, penyakit yang sedang dialami, dan stress. Remaja lelaki dan perempuan memiliki kebutuhan gizi yang berbeda karena tubuh mereka berkembang secara berbeda.

Masalah Gizi pada Remaja

Pada usia remaja, masalah gizi biasanya berkaitan erat dengan gaya hidup dan kebiasaan makan yang juga terkait erat dengan perubahan fisik dan kebutuhan energi remaja. Beberapa masalah gizi yang sering ditemui pada remaja tercantum dalam tabel berikut.

No. Gangguan Gizi Penyebab Cara mengatasi
1. Kegemukan Asupan gizi lebih dari kebutuhan dalam jangka waktu yang lama. Perbanyak aktivitas fisik dan membatasi asupan makanan sesuai kebutuhan. Perbanyak konsumsi sayur, buah serta air putih. Pola makan dengan gizi yang seimbang harus dibarengi dengan olahraga secara teratur.
2. Kurang Energi Kronis (KEK) Asupan gizi kurang dari kebutuhan dalam jangka waktu yang lama. Asupan gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan, yang akan berbeda pada setiap individu.
3. Kekurangan zat gizi mikro Kekurangan asupan gizi yang mengandung vitamin dan mineral Karena tubuh hanya dapat memproduksi vitamin D dan K dalam bentuk provitamin yang tidak aktif. Maka kebutuhan akan vitamin dan mineral harus dipenuhi dari sumber makanan.
4. Anemia Penyebab anemia yang paling sering ditemui pada remaja adalah kekurangan zat besi. Zat besi membentuk sel darah merah pada manusia. Selain itu, menstruasi pada remaja putri juga dapat menjadi salah satu penyebab anemia. Konsumsi makanan kaya zat besi. Pada wanita usia subur, termasuk wanita hamil dan remaja putri, dianjurkan untuk mengkonsumsi tablet tambah darah secara teratur
5. Gangguan makan (anoreksia nervosa dan bulimia nervosa) Keyakinan masyarakat tentang tubuh yang ideal bagi lelaki dan perempuan. Ini biasanya berarti bahwa tubuh yang kurus adalah ideal bagi perempuan dan tubuh berotot ideal bagi lelaki. Memberikan pengertian dan pengetahuan bahwa tubuh ideal adalah tubuh yang sehat. Salah satu cara menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan memantau nilai indeks massa tubuh.
Pesan Kunci Gizi dalam Daur Kehidupan
  1. Setiap Bayi usia 0 – 6 bulan hanya memerlukan ASI untuk pertumbuhannya.
  2. Setelah memasuki usia 6 bulan ke atas, makin banyak variasi makanan maka semakin baik karena zat gizi yang diperlukan dapat terpenuhi.
  3. Setiap jenis makanan boleh diberikan pada berbagai kelompok usia, perbedaan hanya pada porsi dan tekstur dari makanan tersebut (misal bubur untuk bayi).
  4. Wanita dan remaja perempuan membutuhkan tambahan asupan gizi, khususnya selama masa remaja (karena menstruasi), kehamilan, dan saat menyusui.

Sekian informasi terkait dengan gizi dalam daur kehidupan manusia, semoga artikel kali ini bermanfaat buat Anda. Kami berharap artikel ini diviralkan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Reply