Berbagai Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan

Di postingan ini kami akan ulas perihal Berbagai Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan. Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang meningkatkan pengeluaran energi. Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur membawa manfaat yang besar bagi kesehatan. Ada beberapa manfaat aktivitas fisik untuk kesehatan yang sudah diketahui yaitu :

  • Peredaran darah yang lancar,
  • Kebugaran tubuh yang terjaga,
  • Menurunnya risiko penyakit tidak menular.
Berbagai Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan

Berikut beberapa penyakit yang bisa diturunkan resikonya dengan aktivitas fisik yaitu

  • Penyakit kardiovaskuler (pembuluh darah),
  • Penyakit diabetes melitus (kencing manis), serta
  • Penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi).

Selain itu, aktivitas fisik juga berperan penting untuk mengimbangi energi yang masuk ke dalam tubuh yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Sehingga menjadi kunci untuk menjaga keseimbangan energi sehingga mencegah terjadinya kegemukan atau obesitas. Sebagai tambahan, aktivitas fisik juga dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh, serta memperkuat otot dan kepadatan tulang. Sehingga, untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, asupan makanan harus juga disertai dengan aktivitas fisik yang cukup.

Aktivitas fisik tidak harus selalu berupa olahraga. Berbagai macam aktivitas seperti bermain juga termasuk dalam melakukan aktivitas fisik. Pada gambar Tumpeng Gizi, bermain sepak bola, berjalan, senam, bersepeda, dan menyapu, digambarkan sebagai contoh aktivitas fisik yang dapat dilakukan.

Melakukan pekerjaan rumah, berkebun / membersihkan halaman, bermain lompat tali adalah contoh kegiatan fisik yang dapat dilakukan di rumah. Memilih menggunakan tangga daripada lift, senam bersama di sekolah, bersepeda ke sekolah, peregangan saat pelajaran usai adalah contoh aktivitas fisik yang bisa dilakukan di sekolah atau di tempat umum.

Selain itu, dianjurkan untuk mengurangi kegiatan sedentari, yaitu kegiatan diluar waktu tidur yang mengeluarkan energi / kalori sangat sedikit. Misalnya berbaring / duduk menonton TV, atau duduk di depan komputer.

Badan Kesehatan Dunia menyarankan anak usia 5 – 17 tahun untuk melakukan aktivitas fisik selama 60 menit per hari (bisa diakumulasi). Juga, disarankan agar kegiatan fisik tersebut ada yang berupa kegiatan aerobik seperti jalan cepat, berlari, bersepeda, lompat tali, berenang, setidaknya 3 kali per minggu.

Pesan Kunci
  1. Aktivitas fisik sangat penting untuk menjaga kesehatan termasuk menjaga keseimbangan energi sehingga mengurangi risiko obesitas
  2. Aktivitas fisik dapat diciptakan dengan melakukan gerakan sederhana hasil kreasi sendiri untuk mengurangi waktu sedentari

Sekian info berkaitan dengan Berbagai Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan, semoga postingan ini membantu Anda. Mohon postingan ini dishare supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Reply