Berbagai Jenis Aktivitas Fisik yang Menyenangkan

Sekarang kami akan bahas berkaitan dengan Berbagai Jenis Aktivitas Fisik yang Menyenangkan. Sebagai bagian dari konsep Gizi Seimbang, terdapat panduan keragaman pangan serta porsi yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap kali makan. Konsep ini dikenal sebagai “Isi Piringku” dan dituangkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 41 Tahun 2014.

Berbagai Jenis Aktivitas Fisik yang Menyenangkan

Dalam 1 piring setiap kita makan, isilah 2/3 bagian dari setengah piring masing-masing untuk makanan pokok dan untuk sayuran. Dan 1/3 bagian dari setengah piring masing-masing untuk lauk-pauk dan untuk buah. Dalam satu hari, kita dianjurkan untuk makan sumber karbohidrat 3 – 4 porsi, makan sayur 3 – 4 porsi, buah 2 – 3 porsi, makanan sumber protein hewani dan nabati 2 – 4 porsi.

Selain itu, kita perlu membatasi jumlah gula dan garam dalam makanan kita, dan rutin mengkonsumsi air putih. Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan. Secara rutin, lakukanlah aktivitas fisik 30 menit setiap hari.

Air putih diperlukan oleh tubuh kita untuk menghindari kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), memperlancar proses pencernaan, dan memelihara fungsi ginjal agar tetap optimal. Salah satu penyebab utama masalah gizi adalah adanya infeksi berulang. Dan salah satu hal yang menyebabkan terjadinya infeksi berulang adalah buruknya kebersihan seseorang, misalnya rendahnya kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, atau tidak mencuci tangan setelah membersihkan diri ketika buang air besar.

Berbagai Jenis Aktivitas Fisik yang Menyenangkan

Selain untuk kesehatan, aktivitas fisik yang dilakuan bersama-sama juga dapat meningkatkan kemampuan sosial untuk berinteraksi dengan teman, berpikir kreatif serta mengasah kepemimpinan. Aktivitas fisik dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan. Misalnya dengan melakukan berbagai permainan dan olahraga, baik dalam konteks keluarga (rekreasi), sekolah, maupun di masyarakat.

Untuk bisa memberikan hasil yang diharapkan, aktivitas fisik sebaiknya dilakukan secara rutin. Dan disarankan juga agar jenis aktivitas fisiknya adalah kegiatan aerobik seperti jalan cepat, berlari, naik sepeda, berenang, dan lompat tali.

Pesan Kunci

  1. Konsep Gizi Seimbang terdiri dari 4 pilar, dan tidak hanya mengenai asupan makanan.
  2. Ingatlah pembagian proporsi makanan dalam piring makanku setiap kali makan: 2/3 bagian dari setengah piring masing-masing untuk makanan pokok dan untuk sayuran, 1/3 bagian dari setengah piring masing-masing untuk lauk-pauk dan untuk buah.
  3. Aktivitas fisik bisa dilakukan melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan.
  4. Kegiatan aerobik sangat disarankan, namun bisa dimulai dengan kegiatan sederhana namun rutin, seperti berjalan kaki berangkat dan pulang sekolah.

Demikian informasi tentang Berbagai Jenis Aktivitas Fisik yang Menyenangkan, semoga post kali ini membantu kawan-kawan semua. Kami berharap post ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Reply